Indragiri Hilir Negeri Seribu Jembatan

18 Februari 2015 09:34 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Indragiri Hilir yang lokasinya da dibagian pesisir Timur Pulau Sumatra merupakan dataran rendah berupa Rawa (gambut), Indaragiri Hilir sendiri merupakan sebuah kabupaten di selatan Provinsi Riau dengan ibu kotanya Tembilahan. Kabupaten ini sekaligus menjadi pintu gerbang selatan dari Provinsi Riau.

 

Menginat lokasinya yang berdekatan dengan pusat pengembangan pariwisata nasional seperti Pulau Bintan, pulau Batam, Tangjung Balai karimun, Tanjung Pinang seta Tangjung Batu Kundur, maka ada banyak sekali lokasi-lokasi wisata menarik yang akan anda temukan selama berlibur di Indagri Hilir, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wista bahari hingga wisata religi. Berikut ini beberapa tempat-tempat wisata yang dapat anda kunjungi selama berada di Kabupaten Indagri Hilir.

 

1.Air Terjun 86

Pemberian nama 86 untuk air terjun ini sendiri berasal dari letak dari keberadaan air terjun ini yang berada di  kilometer 86 Jalan Raya Lintas Timur Sumatera. Air terjun ini memiliki ketinggian 50 meter.

 

2.Bukit Berbunga

Kawasan wisata yang satu ini merupakan lokasi camping ground  yang memiliki panorama alam yang masih asri, serta diselimuti dengan kabut. Tempat wisata Bukit Bunga ini menjadi lokasi wisata yang paling pas bagi anda yang tertarik untuk menjelajahi hutan melihat aneka ragam bunga yang indah dan sangat harum. Lokasi wisata alam ini berada di selatan Desa Batu Ampar, 4 km dari Selensen, ibu kota Kecamatan Kemuning.

 

3.Pantai Tertitip

Pantai ini hanya berjarak 5 menit dari pelabuhan Sungai Guntung dengan perahu (pompong). Loasi wisata yang memiliki keindahan pasir putih ini terus dikembangkan untuk tujuan wisata bahari.


4.Bukit Api Panjang

Dibukit yang puncak ketinggiannya mencapai hingga 60 meter ini anda bisa menemukan beragam flora langka dalam jumlah besar, selain itu anda juga dapat menyaksikan rankaian pulau-pulau yang tersebar di Provinsi Kepulauan Riau.


5.Pulau Burung atau Pulau Berkanal

Di kawasan wisata ini anda bisa berkeliling kanal memakai perahu (pompong) sebari menikamati keindahan alam berupa perkebunan, Nanas, Kelapa atau tambak ikan dan tambak udang. Dikawasan ini anda bisa mencicipi langsung makanan dan minuman dari hasil perkebunan ini.

 

Selain itu masih banyak lagi lokasi menariknya yang dapat anda kunjungi, misalnya saja Danau Tagaraja, Pantai Solop, Kecamatan Kemuning, Desa Selensen, Makam Syech Abdurrachman Siddiq Al-Banjari atau mengunjungi kawasan Concong Luar yang cukup populer.