Anugrah Terindah Untuk Taman Nasional Zamrud yang Menjadi Rumah dari Flora dan Fauna yang Langka

18 Februari 2015 09:32 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Taman Nasional Zambrud terletak di Desa Zambrud, Kecamatan Siak Indrapura, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Kawasan wisata ini menyajikan keindahan yang seolah mewakili dari keindahan batu Zamrud yang banyak banyak memiliki penggemar. Keindahan dari taman ini bisa dilihat dari keindahan hutan rawa seta danau yang dimilikinya, walaupun air dari danau ini memiliki warna yang bisa dibilang aneh atau unik yakni berwarna hitam.

 

Kawasan Taman Nasional Zambrud ini memiliki dua danau yang letaknya saling berdampingan yang dikenal dengan sebutan Danau Pulau Besar yang memiliki luas (2.416 ha) dan Danau Bawah dengan luar yang hanya (360 ha). Kedua danau ini sama-sama memiliki kesamaan yakni sama-sama memiliki warna Hitam. Sedangkan di Pulau Besar sendiri terdapat empat pulau kecil yakni Pulau besar yang luasnya hanya 10 hektar, Pulau beruk dengan luas 2 hekta, Pulau tengah dengan luas 1 hektar dan Pulau bungsu yang juga luasnya hanya 1 hektar.

 

Kedua danau ini juga sama-sama menjadi rumah bagi beragam fauna dan flora langka, baik fauna dan flora yang hidup di sekitar danau ini juga sama-sama di lindungi. Fauna yang hidup dikawasan ini diantaranya ialah harimau dahan (Neofelis nebulosa), harimau sumatera (Panthera tigris sumatrensis), napu (Tragulus napu) dan beruang madu (Helarctos malayanus) selain itu dikawasan ini juga hidup berbagai primata yang dilindungi.

 

Kawasan ini juga menjadi rumah bagi 38 jenis burung dimana 12 diantaranya juga dilindungi, terasuk Enggang Palung, Bangau Putih, enggang dua warna, enggang benguk dan enggang ekor hitam, selain itu hidup pula burung Serindit (Loriculus galgulus) yang merupakan hewan yang dilindungi sekaligus ikon dari Provinsi Riau.

 

Sedangkan di dalam danaunya sendiri hidup 14 jenis ikan dan delapan dari jenis ikan ini memiliki nilai ekonomis pentik untuk kehidupan masyarakat setempat. Umumnya kawasan Danau Zamrud lebih banyak didominasi oleh tumbuhan rawa seperti Rengas, Bengkulu dan pisang-pisangan Merah. Untuk melindungi kawasan zona pemanfaatannya kawasan Danau Zamrud ini akan diperluas..

 

Keunikan-keunikan seta kekayaan yang dimiliki oleh kawasan Taman Nasional Zamrud ini tentunya akan menghadirkan sensasi berlibur yang berbeda dan sangat menarik bukan. Terutama bagi anda para pecinta alam.