Tempat-tempat Wisata Paling Menarik di Kabupaten Pelalawan

18 Februari 2015 02:33 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Kabupaten Pelalawan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Riau, Indonesia. Kabupaten ini menjadi jalur yang setrategis untuk perekonomian Pulau Sumatra. Kabupaten Pelalawan di kenal sebagai penghasil peroduksi kebun Kelapa, Perkebunan Sawit hingga penghasil hutan Peoduksi.

 

Umumnya kondisi kabupaten ini berupa perkebunan, hutan dataran Aluvusium Sungai dan dataran Rawa Gambut. Dan karena kondisi alamnya inilah kemudian kabupaten ini menjadi sangat populer dan menjadi dayatarik tersendiri apalagi bagi mereka yang senag berpetualang. Pulau ini juga memiliki beberapa pulau-pulau yang relatif besar, diantaranya ialah Pulau Muda, pulau Lebuh, pulau Mendul, Pulau Srapung dan beberapa pulau kecil lainnya seperti pulau Labu, pulau ketam dan pulau Tugau.

 

Pesona alam dan bahari dari Kabupaten Pelalawan memang sangat unik dan bahkan sudah populer hingga mendunia. Lokasinya yang juga berdekatan dengan Selat Malaka seolah menjadi anugrah tersendiri untuk kepulauan ini.

 

Bagi anda yang suka berpetualang berkunjung ke Pelalawan akan menghadirkan keuntungan tersendiri, kabupaten ini akan menjadi sebuah gerbang yang akan mengantarkan anda menjelajahi kesempurnaan alam yang sangat luarnya. Bangak lokasi wisata yang dapat anda kunjungi beberapa diantaranya ialah:

 

1.Gelombang Bono Sungai Kampar

Kawasan ini merupakan tujuan wisata yang populer bahkan hingga mendunia. Hanya disini para pecinta olahraga berselancar dapat melakukan kegiatan berselancar diatas perairan sungai. Sesuatu yang mustahil namun memang benar adanya. Tidak hanya itu saja bahkan Sungai kampar ini dikenal memiliki gelombang ombak yang maha dahsat melebihi apa yang ada di laut pada umumnya. Oleh warga setempat fenomena ini disebut dengan gelombang Bono oleh para peselancar sungai ini dijuluki dengan seven ghosts.

 

2.Taman Nasional Tesso Neilo

 

Taman ini merupakan hutan dataran rendah. Disini anda dapat menemukan satwa-satwa langka yang menjadi cirikhas dari sumatra seperti gajah dan harimau sumatera.

 

3.Danau Tajwid

 

Dinamakan danau Tajwid dikarenakan danau ini memiliki kolam berbentuk Tajwid dari aksara Arab. Di sekitar danau ini terdapat sebuah perkampungan yang akan mebuat anda meraksakan kenyamanan dan ketenangan sembari menyaksikan rumah-rumah nelayan yang cukup unik.

 

4.Desa Pelalawan

Dulunya desa ini merupakan kawasan pusat kerajaan Pelalawan, dikawasan ini anda akan menemukan kawasan makam-makam kerajaan yang memiliki keunikan tersendiri.

 

5.Tugu Ekuator

Uniknya dari tugu ini adalah letaknya yang tepat berada di garis lintang 0 yang menjadi batas bumi bagian barat dan selatan. Anda bisa bersantai disekitar danau ini karena disekitar danau ini sudah dibangun taman yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk bersantai. Selain itu masih banyak lokasi menarik lainnya yang dapat anda temukan di Kabupaten Pelalawan untuk hitu jangan berhenti untuk menjelajahi kota ini.