Danau Tondano dan Keunikan Makanan Khasnya

15 Februari 2015 04:00 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Danau Tondano terletak di desa Remboken, sekitar 3 kilometer dari kota Tomohon atau 30 km dari Manado dan merupakan salah satu tujuan wisata yang cukup populer di Sulawesi Utara. Danau yang di kelilingi oleh pegunungan-pegunungan tinggi sperti Gunung Kaweng, Lembena, Tampusu dan Masarang berada diatas ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. 

 

Menariknya dari danau Tondano, ialah danau ini disebut-sebut memiliki dayatarik "Sumaru Endo" Remboken, dan Resor Wisata Bukit Pinus (dari Tondano menuju Toliang Oki). Kawasan wisata danau ini sejak tahun 2003 silam dikelolah oleh swasta. Kawasan wisata ini memiliki sudah di lengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Seperti kolam renang, restoran serta bungalow.

 

Jika hendak melakukan kegiatan wisata menyelam anda tidak perlu khawatir karena dikawasan ini sudah banyak tersedia perlengkapan menyelam. Jika hendak mengelilingi danau tanpa harus berbasah-basah anda pun bisa mengelilinginya dengan perahu yang dapat anda sewa di sekitar pantai. Hiking dengan ditemani udara yang sejuk di sekitar danau ini pasti akan tersa sangat menyenangkan.

 

Ditengah danau ini juga terdapat sebuah pulau kecil yang disebut dengan Pulau Likri. Namun ada tidak bisa menyinggahinya dan hanya bisa melihatnya saja. Hal ini dikarenakan perahu yang anda tumpangi anda memiliki rute yang berbeda. Untuk Bbiaya menaiki perahu ini sendiri adalah sebesar Rp 50. 000,- dan harus sedikit menunggu karena perahu baru akan berjalan setelah perahu terisi sebanyak 10 orang.

 

Jika tertarik anda dapat ikut atau hanya sekeddar melihatnya saja bagaimana masyarakat setempat menangkap ikan Nike dengan mengunnakan alat yang cukup unik, yakni jaring yang dikedua sisinya menggunakan tongkat bambu dan terlihat menyerupai sebuah sendok.

 

Saat berlibur kekawasan wisata ini anda juga wajib mencoba ikan Nike yang dijual oleh penduduk lokal, ikan-ikan ini biyasanya oleh pendudk setempat sudah diolah menjadi bakso ikan. Anda juga harus mencoba mencicipi waku-waku bolaga (iakan bakar). Hidangan kuliner ini tersedia di restoran dan juga warung makan yang ada disekitar danau.