Wisata Kuliner Bingka Bakar Khas Batam

01 Februari 2015 16:24 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

 

Jika berwisata ke kota Industri Batam jangan lupa untuk mencoba jajanan khas kota batam yang sudah populer dikalangan wisatawan. Dari sekian banyak makanan khas Batam, kue Bingka Bakar cukup populer dan selalu ramai dengan pengunjung.

 

Bingka Bakar ini merupakan sejenis kue dengan rasa manis dan memiliki bentuk yang cukup unik seperti bunga. Bingka Bakar atau yang lebih populer dengan sebutan Bika ini, merupakan makanan khas asli Suku Melayu yang maroritas tinggal di kepulauan Riau Sumatra dan juga kepulauan Batan Provinsi Kepulauan Riau.

 

Sedianya jajanan Bingka Bakar juga dapat di temukan di kota Ambon. Namung bika khas Kota Batam ini sangat berbeda dengan yang menjadi Khas Ambon hal ini di karenakan cara Pembuatannya, apabila di Ambon cara pembuatannya dengan cara di kukus maka di batam di buat sesuai dengan namanya yakni dengan cara di bakar.

 

Dahulunya untuk memperkaya rasa Bingk bakar hanya menggunakan daunpandan saja. Namun kini sudah makanan yang juga terbuat dari campuran tepung terigu, santan dan telor ini  sudah tersedia kedalam beragam pilihan rasa dengan menggunakan tambahan perasa seperti Coklat, Keju, Mocha, SStrawberry, Durian, Jagung, kacang dan masih banyak lagi pilihan rasa lainnya.

 

Bingka Bakar dulunya merupakan sajian untuk kesultanan Melayau yang dihidangkan saat perayaan upacara adat atau untuk di gunakan saat menyambut tamu penting yang umumnya berassal dari kalangan para bangsawan yang tinggalnya di dalam istana.

 

Namun kini seiring dengan berkembangnya zaman cara pembuatan makanan khas bangsawan ini menyebar luas dikalangan masyarakat lua sehingga makanan ini bisa dibuat dirumah-rumah. Keunikan lain yang tetap terjaga dari kekhasan makanan ini adalah bentuknya yang berbentuk bunga masih tetap terjaga dan dipertahankan oleh masyarakan meski pun Bingka Bakar telah berkembang.

 

Jajanan khas ini dapat anda temukan di toko oleh-oleh yang tersebar hingga keseluruk pulau batam dan bahkan di Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam juga sudah ada, yang paling populer dikalangan wisatawan adalah kue Bingka Bakar oleh Nay@dam yang telah mendominasi hampir keseluruh penjuru kota Batam.