Liburan Lebih Menantang Menikmati Arum Jeram di Sungai Pekalen Probolinggo

31 Januari 2015 14:44 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Berlibur untuk mencari kesenangan sambil menguji adrenali munkin anda bisa mencoba Arum Jeram. Bagi yang sedang berlibur ke daerah Jawa Timur Sungai Pekalen, Probolinggo bisa menaji pilihan anda. Anda bisa melepaskan semua kepenatan anda dengan berteriak saat melintasi sungai.

 

Lokasi Sungai Pekalen terletak di Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Awalnya kegiatan olahraga Arung Jeram yang populer di Indonesia sejak tahun 90-an ini lebih banyak dilakukan oleh meraka yang pecinta akan alam dan tantangan. Sehingga muncul kesan hanya orang yang sudah pengalaman dan telah ahli saja yang dapat melakukan kegiatan wisata ini. Sedianya siapa saja baik pemulau atau tidaknya juga bisa melaukan kegiatan olahraga air ini asalkan memperhatikan serta menggunakan persaratan keamanan yang berlaku.

 

Kegiatan Arung Jeram bisa dibilang sedikit liar, namun kegiatan ini cukup menyenangkan dan cukup menantang. Sekalipun aman dilakukan kegiatan ini tetap memiliki resiko dan bahaya namun anda tidak perlu khawatir karena adanya hal itulah sehingga kegiatan ini menjadi sangat mengasikkan dan setiap kegiatan ini sudah dipandu oleh pemandu arung jeram (skipper) atau kadang disebut capten yang juga bakalan meminimalisir terjadinya bahaya. Dan andapun sudah diharuskan untuk menggunakan (life jacket) dengan daya apung tinggi yang bakalan tetap membuat anda tetap terapung diatas air saat tercebur ke air.

 

Sungai Pekalen, Probolinggo terbentang di antara tiga kecamatan yaitu kecamatan Maron, Tiris, dan Gading. Jalur yang dapat dijadikan sebagai lokasi Arung Jeram terbadi menjidi kedalam 3 are. Rata-rata lebar sungai di area ini sepamjang 5-20 km yang memiliki kedalaman air kurang lebih 1-3 meter dengan tingkat kesulitan (grade atau class) 2 hingga 3+. 

 

Untuk jalur Sungai Pekalen Bawah jarak pengarungan dari start hingga finis sepanjang 9 km, sedankan untuk jalur Sungai Pekalen Atas sepanjang 9 km, dengan masing-masing jumlah jeram sekitar 50 buah. Dan jarak pengarungan untuk sungai Pekaleng Tenga jaraknya sepanjang 7 km. Jika anda sebagai pemula cobalah untuk memilih jalur sungai yang tingkat kesulitannya tergolong ke  class 2 atau class 3. Jika sudah terbiasa dan yakin andapun dapat melakukannya di jalur Arum Jeram yang tingkat kesulitannya lebih tinggi.