Wisata Kuliner Khas Banjarmasin Paling Populer dan Lezat

05 Februari 2015 21:55 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Kuliner merupakan makanan hasil olahan, bisa berupa minuman, lauk pauk, panganan dan semacamnya. Setiap daerah pastinya memiliki makanan khas dengan citarasa tersendiri. Sehingga tidak heran jika setiap pecinta makanan dan wisatawan juga akan menjadikan pemburuan kuliner sebagai tujuan wisata tersendiri.

 

Untuk anda yang sedang berlibur kekota Banjarmasin, berikut ini adalah beberapa makanan khas Banjarmasin yang patut kamu cicipi karena kelezatannya.


1.Soto Banjar

Soto memang merupakan jenis makanan yang bisa anda temukan dengan mudah diseluruh penjuru Indinesia ini. Namun Soto kahas Banjarmasin ini atau yang lebih dikenal dengan Soto banjar ini memiliki kekhasan tersendiri, umumnya soto menggunakan nasi namun di Banjar menggunakan Ketupat. Biasanya oleh masyarakat Banjar makanan ini disantap dengan sate.

 

Secara umum Dibanjarmasin atau Soto Banjar memiliki dua macam yang dapat dibedakan dari kuahnya yakni kuahnya "agak keruh" dan Soto Banjar yang nampak bening ning. Soto Banjar yang kuahnya agak keruhpembuatannya dibuat dengan menambahkan tambahan susu atau creamer. 

 

2.Ketupat Kandangan

Jenis makanan yang satu ini bisa dibilang cukup unik. Karena tidak berasal dari Banjarmasin sendiri namun berasal dari Kandangan Kalimantan Selatan. Akan tetapi  cukup pupoler dan dikena sebagai makanan khas Banjarmasin. Makanan Ketupat kandangan ini terbuat dari beras yang dimasukkan kedalam ketupat yang terbuat dari anyaman daun kelapa lalu dikukus hingga matang dan biasanya dihidangkan dengan telur rebus atau menggunkan ikan Gabus yang di Bakar. Dan dihidangkan dengan kuas santan yang dicampur dengan campuran telor.

 

3.Nasi Itik Gambut 

Pemberian nama makanan yang satu ini disesuaikan dengan nama salah satu daerah yang ada di kota Banjarmasin. Kuliner ini memiliki ciri khas rasa yang gurih dan disajikan dengan menggunakan lauk itik/bebek yang biasanya dimasak habang atau bumbu Bali. 

 

4. Manday

Sebagian besar orang mengatakan jika makanan ini terbuat dari jeruk Mandai, karena namanya memang sesuai dengan nama jeruk tersebut. Namun jelasnya makanan yang satu ini terbuat dari kulit Nanka, kulit Tarap, Tiwadak (Cempedak).

 

Selain keempat jenis makanan khas diatas ini, masih banyak lagi jenis makanan khas Banjar masin lainnya yang dapat anda temukan diantaranya seperti:

  • Kelelepon Martapura 
  • Gangan Asam Banjar
  •  Iwak Karing Telang Masak Asam 
  • Apam barabai 
  • Bingka Barandam