Wisata Kuliner Unik dan lezat Khas Tanah Pontianak

05 Februari 2015 23:14 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Jalan-jalan ke bumi Khatulistiwa anda akan disuguhkan dengan berbagai jenis jajanan kuliner khas Pontianak dengan citarasa yang lezat. Jika memang tujuan anda mendatangi kota yang satu ini untuk tujuan wista kuliner tentu anda akan di buat sibuk memilih jajanan atau makanan yang menjadi makanan masyarakat pontianak yang cukup beragam. Sebagai refrensi ada baiknya bagi anda untuk mencoba kuliner berikut ini.

 

1.Mie Tiau Apollo dan Mie Tiau Polo

Lokasi penjualan baik Mie Tiau Apollo dan Mie Tiau Polo saling berdekatan dan sama-sama berada dilokasi yang sama yakni terletak di Jl. Patimura. Sajian utama dari makanan ini adalah Mie Tiau dengan ciri khas mie yang lebar-lebar, oleh masyarakat jawa makan ini disebut dengan Kwetiau. Toko ini cukup populer dan selalu ramai di kunjungi oleh pengunjung.

 

Yang paling menarik dari kedua toko yang letaknya hanya bersebelahan ini ialah tulisan yang ada didepan masing-masaing kedua toko ini jika di depan toko Mie Tiau Polo terdapat tulisan "Pindahan dari sebelah" sedangkan di depan toko Mie Tiau Apollo terdapat tulisan "Tidak Pernah Pindah".

 

2.Tom Yam Pak Long

Tempat ini menyajikan makanan khas Thailan yakni Nasi Goreng Pattaya dan Tom Yam. Lokasi toko yang berada di dekat Jembatan Kapuas I persis di dekat perempatan lampu merah Jalan Imam Bonjol Gg. H. Mursid I ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh para pelanggannya.

 

3.Che Hun Tiau

Che Hun Tiau merupakan jenis minuman semacam cendol namun terbuat dari tepung sagu atau kanji serta campuran Che Hun Tiau, Ketan Hitam, Kacang Merah dan Cincau Hitam yang disajikan dengan menggunakan santan dan gula aren dan es.

 

4. Es Krim Angi

Es Krim Angi ini juga dikenal dengan nama Es Krim Santu Petrus karena lokasinya yang berada di depan SMP dan SMA Santu Petrus. Tentunya es krim yang lokasinya berada di Jl. KS. Tubun Pontianak ini bukan sembarang eskrim seperti pada umumnya, es krim ini disajikan diatas buah kelapa yang dibelah menjadi dua.

 

Tidak hanya itu saja masih banyak makana-makanan khas pontianak lainnya yang dapat anda coba misalnya saja seperti Sotong Pangkong, Bubur Pedas, Kwee Cap, Lek Tau Suan, Peng Kang dan Burung Punai,  Es Lidah Buaya,  Sajian “Extreme Culinary”, Kwetiaw, kerupuk Basah dan masih banyak lagi lainnya.