Berwisata Sejarah ke Kota Surabaya Kotanya Para Pahlawan Bangsa

31 Januari 2015 21:29 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Kota Surabaya provinsi Jawa Timur juga populeer dengan sebutan kota pahlawan, jika berbicara mengenai tempat-tempat wisata tentu saja kita akan lebih banyak disuguhkan dengan temapat-tempat wisata yang bernuansa bersejarah yang kaya akan makna perjuangan bangsa ini.

 

Berikut ini adalah beberapa tempat-tempat bersejarah Surabaya yang bisa di jadikan sebagai objek wisata atau hanya sekedar bersantai-santai menikmati keindahan kota Pahlawan.

 

1.Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan, merupakan sebuah monumen yang menjadi markah tanah Kota Surabaya. Monumen ini dibangun untuk memperingati pertempuran yang terjadi pada 10 Nopember 1945 saat masyarakat Surabaya berperang melawan sekutu.

 

Tugu pahlawan merupakan destinasi wisata yang bersifat edukasi sejarah, tempat yang paling pas untuk mengenang akan sejarah Masyarakat Surabaya. Akses menuju tuguh ini pun sangat mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Anda pun tidak akan dipungut biaya masuk apa bila menunjukkan kartu pelajar, jika ingin berkunjung sebaiknya berkunjung pada sore hari saja karena pemandangan akan terasa lebih nyaman dan indah.

 

2.Jembatan Merah

Jembatan Mera merupakan saksi sejarah pertempuran heroik tentara Indonesia, khususnya pahlawan-pahlawan Surabaya yang berjuang melawan kolonialisme Belanda pada 10 Nopember 1945 di Surabaya. 

 

Jembatan bersejarah ini didirikan atas kesepakatan Pakubowono II dari Mataram dengan VOC sejak 11 November 1743. Dahulunya areal sekitar tempat ini, lebihtepatnya di bagian Barat jembatan merupakan daerah hunian dan menjadi lokasi perdaganagan untuk orang Eropa. Sedangkan kawasan bagian Timurnya merupakan daerah hunian untuk masyarakat pendatang atau orang-orang pendatang seperti Arab, China dan juga Melayu.

 

3.Museum WR. Soepratman

Sebagai masyarakat asli Indonesia mendengar nama WR. Soepratman pastinya tidaklah asing lagi, ia dia adalah pencipta lagu Indonesia Raya lagu kebangsaan dari negri tercinta Ini. Berwisata ke musium ini anda bakalan menemukan tulisan asli WR. Soepratman serta dapat melihat langsung  biola historis yang menemaninya saat membuat beberapa lagu kebangsaan.

 

4.House Of Sampoerna

House Of Sampoerna merupakan banguna berupa gedung megah bergaya kolonial Belanda yang didirikan pada tahun 1858. Dulunya gedung ini oleh belanda digunakan sebagai panti asuhan tapi sekarang sudah menjadi musium atau situs bersejarah setelah sebelumnya sempat dibeli oleh pendiri Sampoerna Liem Seeng Tee untuk dijadikan sebagai tempat memproduksi rokok pertama Sampoerna.