Pulau Hoga: Laboratorium Bawah Laut yang Tersembunyi

14 Februari 2015 20:45 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Pulau Hoga terletak di bagian Timur Pulau Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Alam darat pulau yang terdiri dari gabungan anta beberapa pulau ini ditumbuhi denganpepohonan kelapa yang indah seolah menjadi aksesoris tersendiri bagi kepulauan yang memiliki hamparan pasir Putih.

 

Sedangkan tepian bawah lautya banyak menyimpan atol, laguna, dan karang yang juga populer hingga ke mendunia. Oleh kalangan peneliti dari mancanegara keindahan alam bawah laut pulau Hoga disebut dengan laboratorium bawah laut. 

 

Setidaknya ada sekitar 750 spesies koral dari sekira 850 yang ada di dunia dapat ditemukan di kepulauan ini. Pulau ini juga menjadi rumah bagi 83 jenis ikan berwarna-warni, sehingga tidak heran apabila anda melakukan kegiatan wisata menyelam anda akan langsung disambut oleh ribuan ikan berwarna-warni yang akan berenang mengelilingi anda. Ikan-ikan ini sudah dapat anda lihat mulai dari tepian pantai atau bahkan dari atas perahu.

 

Pulau Hoga memiliki perairan yang masih sangat jernih dan masih sangat alami tak heran jika alam bawah lautnya juga disebut dengan surga bawah laut yaang masih belum sepenuhnya di kenal dunia. Anda akan merasa serasa berada di dalam akuarium besar tanpa menyelam sampai kedasarnya pun anda pasti sudah akan merasa sangat puas dengan suguhan alamnya.

 

Umumnya kegiatan penyelaman di kepulauan ini dilakukan secara berkelompok. Kadang-kadang sekelompok peneliti atau mahasiswa mengunjungi pulau ini untuk melakukan penelitian kelautan.

 

Anda juga dapat melakukan kegiatan snorkeling dipinggir pantainya, saat melakukan kegiatan wisata ini anda bakalan dengan mudah melihat ikan-ikan berenag di dasar lautnya. Saat sore hari menjelang pantai ini akan mulai disapa ombak yang sedikit besar. Pemandangan ombak yang agak besar ini seolah menjadi pemandangan tersendri.

 

Kegiatan wista lainnya yang dapat anda lakukan andalah mengunjungi pulau-pulau cantik lainnya yang ada di sekitau Pulau Hoga, misalnya saja  Pulau Tomia, Pulau Kaledupa, Pulau Binongko serta  Pulau Wangi-wangi. Jika ingin mengunjungi pulau-pulau ini anda perlu menggunakan kapal. Karena kapal ini merupakan satu-satunya trasportasi yang dapat di gunakan.