Pulau Wangi-Wangi Pintu Menuju Keindahan Alam Wakatobi

14 Februari 2015 20:44 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi kawasan Taman Nasional Wakatobi, pastinya akan melewati pulau Wangi-Wangi. Hal ini dikarenakan Pulau yang juga disebut dengan pulau Wanci ini merupakan pintu gerbang untuk menuju Taman Wakatobi.

 

Saat akan berlibur kekawasan Wakatobi ada baiknya anda sedikit mengalihkan fokus anda palau kepulauan Wangi-Wangi. Pulau yang menjadi pusat administrasi kabupaten Wakatobi ini juga memiliki keindahan alam yang tidak kalah menarik yang tidak perlu lagi diragukan kindahan alam yang ditawarkannya.

 

Perairan pulau Wangi-Wangi juga memiliki keindahan trumbu karang yang indah serta menjadi rubah bagi ikan-ikan yang akan sangat cocok sekali untuk di jadikan sebagai tempat wisata bahari.

 

Anda tidak perlu khawatir dengan kegiatan berlibur apa saja yang dapat dilakukan dipulau ini. Anda juga dapat mengunjungi Pantai Waha yang terletak di Desa Waha, juga dikenal memiliki beberapa titik lokasi menyelam yang keindahannya tidak kalah dari pulau Wakatobi. Anda juga dapat melakukan kegian wisata snorkeling. Dari pantai ini anda juga dapat menyaksikan keindahan Matahari terbenam.

 

Apa bila ingin melakukan kegiatan wisata budaya anda dapat mengunjungi kampung Mola, perkampungan Suku Bajo Wakatobi Sulawesi Tenggara. Perkampungan ini terbilang cukup unik karena mereka menjadikan kolong rumah mereka sebagai kolam ikan. Jika beruntung saat berkunjung ke desa ini anda dapat menyaksikan perayaan Kabuenga, salah satu tradisi yang unik dan cukup sering diadakan di Pulau Wangi-Wangi, taradisi ini adalah mencarikan jodoh untuk pemuda di Pulau Wangi-Wangi.

 

Dalam perayaan ini disediakan ayunan yang digunakan untuk tempat muda-mudi duduk dan melakukan perkenalan satu sama lain. Pucak acaranya ialah pemuda akan menyatakan perasaan mereka terhadap pemudi yang di kaguminya. Unkapan perasaan itu diungkapkan melalui pemberian bingkisan, bisa berbentuk barang dan bisa pula dalam bentuk uang.

 

Waktu paling tepat untuk mengunjungi pulau Wangi-Wangi adalah saat bulan April sampai dengan Juni. Jika ingin berburru oleh-oleh khas Wakatobi anda bisa membelinya di pulau Wangi-Wangi. Sebagai Pusat administrasi pulau Wakatobi tentusaja di semua kebutuhan kuliner, wisata oleh-olehlainnya lebih lengkap.