Taman Nasional Wakatobi: Surga Bawah Laut Terindah Dunia

14 Februari 2015 20:42 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Taman Nasional Wakatobi tentunya sudah tidak asing lagi di teelinga orang Indonesia, karena taman ini dikenal memiliki keindahan paling indah di Dunia. Taman yang terletak di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia ini dikenal memiliki keindahan dan kekayaan alam bawah lautnya pulau ini menjadi sangat populer di dunia setelah Ekspedisi Wallacea dari Inggris pada tahun 1995 mengatakan bahwa kawasan di Sulawesi Tenggara ini sangat kaya akan spesies koral. 

 

Kekayaan biaota laut yang dimiliki taman nasional ini tidak lain dikarenakan banyaknya hamparan terumbu karang yang memanjang sepanjang perairan taman yang dipercantik dengan topografi bawah laut yang berwarna-warni seperti bentuk flat, slop, drop-off, atoll serta underwater cave. Selain itu dikawasan ini juga hidup lebih dari 112 jenis karang yang ada diseluruh dunia.

 

 

Taman Wakatobi ini juga kaya akan jenis ikan dimana lebih dari 93 jenis ikan hidup di perairan ini. Tidak cukup sampai di situ saja di kawasan taman ini juga hidum beberapa jenis burung laut yaang bakan dengan mudah anda jumpai saat berlibur kekawasan ini. Pada saat bulan November wakatobi akan selalu dikunjungi oleh tamu setianya yakni sekawanan ikan paus sperma (Physeter macrocephalus) yang bermain-main diperairan ini.

 

Bagi sekawanan ikan pari Manta (Manta ray) yang ukuran tubuhnya tergolong raksasa taman laut Wakatobi ini seolah menjadi sebuah taman bermain untuk mereka. Selin itu juga banyak ikan khas dan unik, yang hidup diperaiaran laut taman Wakatobi, ikan hias itu adalah jenis Pari mata, ikan ini hanya terdapat di perairan tropis.

 

Taman Nasional Wakatobi merupaka hadiah terindah dari tuhan untuk Tanah Air ini. Keadaan alam daratnya dan bawah lautnya sangat menakjubkan dan akan langsung membuat setiap wisatawannya langsung jatuh hati. Banyak kediatan yang dapat dilakkukan di kepulauan Wakatobi. Mualau dari berenang menyelam snorkeling dan masih banyak lagi lainnya.

 

Selama meyelam di perairan taman nasional terindah di dunia ini anda bakalan bisa menyaksikan gugusan terumbu karang yang indah dan berbagai biota laut. Anda juga bakalan di temani oleh ikan-ikan hias yang cantik, yang seolah ingin menunjukakkan pada anda mengenai kepulauan yang sangat sempurna indahnya.