Pulau Rote Surga Peselancar Dunia

09 Februari 2015 20:40 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Pulau Rote murupakan salah satu wilayah di Indonesia yang letaknya berada di bagian paling Selatan. Pulau ini di kenal akan ke khasannya seperti alat musik Sasando, budidaya Lontar serta dat ti’i langga. tidak hanya itu saja kawasan ini juga dikenal dengan sebagai lokasi wisata paling sempurna dan sangat menantang untuk di jadikan sebagai lokasi kegiatan berselancar.

 

Pulau Rote menjadi sangat populer dikalangan para peselancar dunia, karena memiliki pantai yang memiliki gulungan ombak yang sepektar kuler dan sangat menantang. Tempat wisata yang kerap di kunjungi oleh para peselancar dunia yang biasa mengikuti lomba tingkat dunia adalah Pantai Bo’a.

 

Pulau Rote memiliki suhu udara panas tropis, karena letak geokrafisnya yang berada di batas paling selatan Nusantara. Tidak banyak tanaman yang tumbuh dikawasan ini karena sebagian besar daratan pulau Rote berupa tanah dengan bebatuan karang yang indah. Sehingga membuat kawasan wisata di daerah ini tera sedikit agak panas.

 

Setiap harinya ada kapal ferry dari kota Kupang NTT yang menuju ke Ba’a kota terbesar di pulau rote. Pulau ini dikenal memiliki pasir putih bersih seperti tepung. Memiliki permukaan pulau yang berbukit dan di lengkapi dengan padang Sabana serta dilengkapi dengan danau-danau kecil yang terlihat seperti laut mati pulau ini pun menjadi sangat populer dikalangan wisatawan manca negara.

 

Kawasan pantai ternama yang kerap dijadikan sebagai titik berselancar paling diminati karena sangat menantang adalah pantai Nemberala yang langsung berkiblat ke laut Sawu. Saat musim kering panjang kawasan pantai ini bagaikan alun-alun berpasir yang dipercantik dengan barisan pohon lontar yang tumbuh tegak.

 

Pantai ini di kenal memiliki jalur ombaknya yang sedikit bergerak secara perlahan. Tinggi ombaknya bisa mencapai setinggi tiga kali orang Indonesia yang memiliki jalur putaran arah ombak ke arah kiri lokasi ini sangat digemari oleh peselancar-peselancar yang sudah terbilang mahir, kesempurnaan ombak di pantai ini biasanya terjadi pada bulan Juli sampai September.

 

Kawasan populer lainnya yang ada di pulau Rote adalah pulau T-Land, pulau ini dikenal memiliki ombak terpanjang di indonesia gulungan ombaknya bisa mencapai ratusan meter serta memiliki jenis bergulungan kearah kiri dengan putaran yang sangat spektakuler. Kesempurnaan gulungan ombak ini biasanya ada pada bulan Mei sampai bulan Oktober. 

 

Berselancar dikawasan ini bakalan sangat mengasikkan namun perlu kewaspadaan karena dibawah permukaan laut ini terdapat pagar alam berupa terumbu karang yang sewaktu-waktu bisa melukai peselancar apabila tidak bisa meperdiksikan keadaan.

 

Dan maasih banyak lokasi pantai menarik lainnya yang paling pas untuk melakukan kegiatan berselancar misalnya saja di Penus dan Bo’a yang sama-sama memiliki putaran pmbak kearah kiri, jika mencintai kecepatan berselancar cobalah wisatawan bisa mendatangi N,dau yang memiliki gulungan air spektakuler dari arah kanan kirijuga atau bisa juga mendatangi pulau Do’o pulau ini dikenal sebagai tempat yang menjadi penyedia gulungan ombak arah kanan terpanjang di Indonesia