Wisata Liang Bua Goa Kehidupan Zaman Purba

09 Februari 2015 20:39 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Liang Bua merupakan sebuah gua di buki Batu Kapur di kabupaten Manggari, Flores. Kawasn wisata ini terletak 14 kilometer dari Ruteng, ibu kota kabupaten Manggarai. Biasanya ada angkutan pedesaan atau truk yang mengangkut penumpang melintasi kawasan wisata ini namun waktunya tidak tetap. Untuk memudahkan dan kenyamanan wista anda ada baiknya mengunjungi kawasan wisata alam ini dengan menggunakan mobil pribadi atau sewaan.

 

Karena ukurannya yang besar goa ini pernah di gunakan sebagai sekolah dan tempat peribadatan sehingga membuat goa Liang Bua menjadi sangat akrab dengan masyarakat setempat.

 

Tidak hanya masyarakat setempat saja yang sangat mengenal tempat ini, seluruh duni pun juga mengenal Liang Bua berkat penemuan sebuah tengkorak manusia yang ukurannya agak penddek yang disebut dengan Homo floresiensis. Arkeolog berpendapat jika fosil yang ditemukan dikedalaman 6 meter dari mulut goa ini merupakan tengkorak yang berasal dari 2 juta-12.000 sebelum masehi atau di zaman pleistosen. Hal ini dikarenakan tengkorak yang ditemukan tersebut memiliki ukuran kerangka otak yang tidak biasa seperti manusi normal masa kini yakni hanya hanya 430 cc  seharusnya memiliki ukuran otak 1.400 cc.

 

Tidak hanya temuan itu saja yang membuat goa ini semakin populer dikalangan para arkiologi, temuan lainnya dari peninggalan di jaman purba juga di temukan didalam goa ini lebih tepatnya dikedalaman 10,7 meter, temuan hewan purba itu diantaranya ialah komodo, kadal, kura-kura dan Stegodon (gajah purba).

 

Namun sayangnya di goa ini tidak terdapat informasi, replika atau semacamnya yang bisa menggambarkan penemuan-penemuan dari jaman purba tersebut atau hanya sekedar penalaran yang menerangkan bahwa komodo, gajah kuno, dan manusia pendek (Homo floresiensis) pernah tinggal di sini ribuan tahun yang lalu. Wisatawan ahanya dapat melihat gua besar yang memiliki jenis batu stalagmit.

 

Jika hendak berlibur ke Goa Liang Bua ada baiknya bagi anda untuk membawa bekal yang dibutuhkan selama perjalanan misalnya air atau makanan yang dirasa sangat penting. Karena dikawasan ini tidak tersedia pertokoan.