Wisata Gua Batu Cermin, Labuan Bajo, NTT

10 Februari 2015 17:37 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Batu Cermin atau Gua batu cermin sedianya adalah sebuah terowongan atau gua gelap yang terletak di Bukit Batu, Labuan Bajo Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur.  Goa yang terletak di sebelah timur Pelabuhan Labuan Bajo sangat mudah untuk di jangkau karena hanya berjarak 4 km dari pusat kota.

 

Alasan penyebutan nama gua Cermin ini adalah karena pada siang hari sinar Matahari akan masuk kedalam gua lewat cela atau lubang yang ada di dalam gua kemudian cahaya Matahari yang masuk tersebut memantulkan cahayanya ke dingding batu dan terlihat seakan-akan merefleksikan cahaya-cahaya kecil kesudut lain gua seperti layaknya cermin.

 

Karena letaknya masih berada di kawasan yang ada hutannya sehingga saat dalam perjalanan menuju gua wisatan dimungkinkan untuk menemukan Babi Hutan dan Kera ekora panjang yang kerap muncul, hal ini bisa menjadi pemandangan yang cukup meghibur. Biasanya kawasan ini sering dimasukkan kedalam paket wisata yang ditawarkan oleh biro perjalanan sebagai bagian dari paket tur ke Labuan Bajo yang sudah mereka sediakan.

 

 

Karena masih berada dikawsan pulau Flores NTT andapun bakalan bisa dengan mudah untuk mengunjungi tempat-tempat menarik lainnya misalnya saja pulau Rinca. Jika ingin mengunjungi pulau ini anda bisa menyewa kapal motor dan speedboat yang sudah tersedia dan mudah untuk ditemui di pelabuhan Labuan Bajo.

 

Kegiatan lain yang dapat anda lakukan setelah melihat-lihat gua Cermin adalah berjalan-jalan kepulau-pulau kecil yang terdapat di sekitar Labuan Bajo. Hampir semua tempat-tempat menarik yang ada di kawasan Labuan Bajo letaknya menghadap ke arah pelabuhan Bajo sehingga tidak sulit bagi anda untuk memilih serta mengunjungi lokasi-loka tempat wisata yang menarik tersebut.

 

Kebanyakan lokasi menarik yang masih berada di sekitar kawasan Labuan Bajo adalah pulau-pulau kosong tidak berpenghuni. Jika kebingungn untuk memilih tempat menarik yang ingin anda tuju anda bisa memilih pulau Bidadari, atau kepulauan Kanawa dan Pulau Kukusan Kecil, pulau-pulau ini cocok sekali untuk bersantai berjemur dihamparan pasir yang masih bersih atau melakukan kegiatan snorkeling dan menyelam.