Wisata Religi yang Kaya Akan Makna Budaya Ke Kota Surabaya

31 Januari 2015 14:29 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Asalkan kamu cinta akan segala bentuk keunikan dan sejarah, selama berlibur ke Surabaya pasti akan ada banyak tempat-tempat wisata yang bakalan kamu temukan selain tempat-tempat bersejarah yang memang sudah menjadi identitas diri dari kota Surabaya.

 

Bila tak ingin berwisata sejarah dan berwisata alam, mungkin wisata budaya yang sarat akan pesan agama bisa anda jadikan sebagai salah satunya atau dijadikan sebagai wisata selingan. Di Surabaya banyak sekali terdapat tempat-tempat wisata budaya bersejarah yang dapat anda kunjungi salah satunya seperti berikut ini.

 

1.Masjid Ampel dan Kampung Arab

Masjid Ampel merupakan masjid tertua di Surabaya, masjid ini masih memiliki keterkaitan dengan “Sunan Ampel” yang merupakan salah satu tokoh dari Wali Songo yang turut ambil andil dalam memainkan peran penting dalam penyebaran agama Islam di Jawa Timur.

 

Mesjid ini berada dikawasan sekitar 4 km dari pusat Surabayatidak jauh dari Pelabuhan Tanjung Perak, yang merupakan pelabuhan utama di wilayah Indonesia timur. Saat bulan Ramadhan atau bulan Puasa kawasan mesjid Ampel yang identik dengan perkampungan Arab ini selalu ramai di datangi oleh wisatawan yang melakukan wisata religi ataupun hanya sekedar membeli keperluan untuk bulan Ramadhan.

 

2. Masjid Cheng Ho

Lokasi mesjit Cheng Ho terletak di Jalan Gading Surabaya. Nama Masjid Cheng Ho, diambil dari nama salah seorang Laksamana dari Cina dan menjadi muslim selama masuk ke Majapahit. Bentuk Masjid Cheng Ho sendiri terispirasi dari Niu Jei, Masjid di Beijing, Cina. Arsitektur mesjid ini cukup unik yang kaya akan sentuhan senia tinkat tinggi. Karena melambangkan perpaduaan khas dari akulturasi budaya Cina, Islam dan juga budaya Jawa identitas dari masyarakat Surabaya. Akulturasi tersebut dapat dilihat dari gaya bangunan mesjid yang khas dengan bangunan Cina serta warna campuran antara hijau, beralih ke kuning.


3.Masjid Agung Al-Akbar Surabaya

Masjid Al-Akbar merupakan masjid terbesar di Surabaya dan terbesar kedua setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. Mesjid megah dan modern ini memiliki desain kubah yang cukup unik dengan setruktur daun. Mesjid ini sekaligus menjadi ikon lain di kota Surabaya.